Sekedar Catatan Pendek Saja

Jadi, terhitung sejak tanggal 2 September 2012, sudah hampir sebulan juga aku berada di Bogor. Dan sudah ada dua bulan lebih blog ini menganggur disebabkan satu dan lain hal. Ada sejumlah tulisan cuma jadi draft belaka, bahkan terancam basi atau memang sudah kadaluarsa.

Hiruk-pikuk Pilkada di Aceh, baik propinsi mau pun di kabupatenku sana, sudah selesai di bulan Juli. Bulan Ramadhan juga sudah lama berlalu. Berlebaran di kampung halaman dengan istri dan bocah lucu sudah tinggal kenangan di bulan lalu. Lebaran puasa sudah lama pula berlalu, lebaran haji akan tiba kembali. Kesibukan datang dan pergi. Dan hari-hari berlalu seperti rotasi matahari. Blog ini diam sendiri, sampai kemudian ditempeli secarik kertas virtual bertuliskan: hiatus.

Tapi mumpung ada kesempatan, elok menulis sekali ini. Sekali lagi. Tak banyak, cuma catatan ringan macam diari. Tentang kota Bogor (apalagi Jakarta) yang terkadang membuat diri manggut-manggut dengan lagu begini:

Atau tentang perjalanan kemarin ke Sukabumi. Salah satu bagian di barat Pulau Jawa yang belum pernah kupijak dan cuma kudengar saja dari kecil dulu. Ke Desa Caringin tepatnya. Tempat dimana rekan-rekan developer BlankOn Linux menggelar pertemuan bertajuk BlanKopDar 2012. Tempat dimana hawa sejuk dan sebuah rumah bergaya zaman tempo doeloe (mengingatkan dengan rumah para wedana di masa perkebunan Belanda dalam gambar-gambar dulu kala) menyambut ramah.

Perjalanan dimulai dari Cimanggu -markas BlanKon Linux Bogor- di pagi Sabtu. Bersalam-salaman kenal-mengenal dengan beberapa teman di sana yang belum pernah ketemu. Lalu berangkat jelang siang. Terjebak macet dan tersasar jalan, sebelum kemudian dikembalikan ke jalan yang benar lagi lurus oleh layanan peta di ponsel Nokia-nya Pak MDAMT dan layanan peta di tablet Galaxy Tuan Ahmad Haris. Sampai di Desa Caringin hari sudah akan beranjak malam. Matahari sudah terbirit pulang, dan acara yang semestinya berlangsung siang itu dijalankan di malam itu juga. Semalam menginap di sana, besok pagi kembali berkonperensi-ria soal visi-misi dan angan-angan masa depan pengembangan BlankOn Linux, sampai petang datang menjelang dan saatnya sudah tiba untuk kembali pulang.

Foto-foto sebelum berangkat pulang.

Perjalanan pulang cukup lancar. Tak ada kemacetan berarti. Dengan diantar oleh mobilnya Ahmad Haris, tiba di persimpang gang dekat rel kereta api sekitar pukul 10-an malam. Namun, walau terhitung lekas dan tidak sepenat di awal perjalanan ke Sukabumi -dengan terjebak macet- sampai di rumah badan terasa pegal juga. Masih juga begadang agak sekejap, tak ambil pusing nasihat Oma Irama untuk tidak begadang jika tak ada perlunya, sebelum kemudian pulas tertidur sampai pagi tiba.

Berikutnya: adalah menanti hari untuk pulang ke Aceh kembali. Membawa hasil rampasan dari Pulau Jawa berupa apa-apa yang sudah berhasil diunduh dengan koneksi cukup stabil dan elok di sini, seperti BlankOn Rote rilis teranyar untuk menggantikan Pattimura yang sudah setia mengawankan aksi sok-sok-an-jadi-pendakwah-Linux di kampung halaman, demi mewujudkan hasrat sepele hendak membangun komunitas lain selain komunitas menulis yang sudah berjalan tiga tahunan ini: komunitas BlankOn Linux (dengan niatan hendak memplesetkannya menjadi Blankpidie On Linux. Hehehe). Dan, tentu saja, bersiap-siap untuk ILC (Indonesia Linux Conference) 2013 di Banda Aceh nanti.

Demikian.

PS: Agar tak terjadi kesalahpahaman, aku bukan tulen seorang developer, cuma seorang end-user. Bukan pula hacker, cuma blogger. LOL.

Iklan

12 thoughts on “Sekedar Catatan Pendek Saja

  1. ah ku pikir ngapain lah, sampai berhiatus segala :mrgreen: ternyata ini kegiatan salam sukses dah

  2. @ Mahyuddin Ramli (@DotoVR)

    Terwujud sudah, dijalankan masih terengah-engah 😆

    @ abanxcfendy

    Hehehe. Agak-agak sibuk sebulan-dua nan lalu 😀

    @ Pulau Tidung

    Bisa dibilang demikian :mrgreen:

  3. 😆

    Hasil meeting ya cuma soal apa yang sudah tercapai dengan rilis sebelumnya dan garapan untuk rilis Suroboyo ke depan nanti.

    BTW, aku bukan developer loh. Developer gadungan sih iya. Cuma tukang sebar .iso-nya saja di kampung 😳

Komenlah sebelum komen itu dilarang.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s