Yang Melapak

Empunya blog ini adalah seorang blogger bersuku bangsa Aceh dan berkewarganegaraan Indonesia. Lahir di Aceh pada tanggal 15 April di satu malam jumat bertahun silam. Bergolongan darah AB dan berkasta darah jelata. Menganut agama Islam dan sudah menikah di tahun 2011. Saat ini berdomisili di dua kota: Blangpidie dan Bogor.

“Alex Hidayat” pada hakikatnya merupakan nama pendek saja, penyingkat nama panjang yang sering merepotkan pegawai kelurahan urusan KTP, dan pegawai kepolisian urusan SIM. Nama ini diambil dari nama kecil dan menjadi nama pena serta nama panggilan. Selain dari “Alex”, lazim juga dipanggil dengan sebutan “Koben” atau “Sano” oleh para sahabat, merujuk pada masa-masa remaja kala mengidolakan “Kurt Cobain” dari band Nirvana, dan “Sanosuke Sagara” dari manga Rurouni Kenshin.

Pernah menjalani jenjang pendidikan normal mulai dari TK, SD, SMP sampai SMA. Pendidikan terakhir tercatat dalam lauhul mahfuzh sebagai mantan mahasiswa angkatan 2000 di Fakultas MIPA prodi Fisika, Universitas Syiah Kuala, dan mantan mahasiswa angkatan 2001 di Fakultas Hukum prodi Extensi, Universitas Syiah Kuala.

Pernah bekerja sebagai IT Freelancer di IFRC Banda Aceh dan di BRCS Banda Aceh. Selama ini mengaku memiliki profesi sebagai IT freelancer, seniman, blogger dan aktifis (seni budaya, sosial politik dan teknologi informasi), padahal cuma pengangguran dalam kacamata umat, bersebab tak ada seragam dan tak ada kantor. Untuk menutupi perkara ini, maka dalih “administrator gudang” pada usaha dagang orang tua terkadang dicantumkan sebagai pelengkap penderita curriculum vitae dalam masyarakat. Pernah juga berkecimpung dalam partai politik lokal di Aceh, di kabupaten kelahiran. Profesi strategis saat ini cumalah sebagai ketua dari Komunitas Menulis Ababil, sebuah komunitas menulis level kampung di kabupaten Aceh Barat Daya.

Sebagai penikmat sastra dan buku, selama ini mengklaim diri sebagai sastrawan pengagum Chairil Anwar, Pablo Neruda, Sitor Situmorang, Frederico Garcia Lorca, Pramoedya Ananta Toer, dan Sadeeq Heedayat. Dalam klaim sebagai seorang peminat filsafat, blogger ini merupakan pengasup gagasan Averroes, Wittgenstein, Shariati, Foucault dan Nietzsche. Dalam perihal musik, menikmati berbagai genre sejak era lawas sampai era modern, namun masih lebih suka dengan musik era ’60-’70-an dan ’80-’90-an.

Sejak mengenal sepak bola di tahun 80-an, telah menjagokan BOM-H, Persiraja dan Persipura. Dalam kancah sepak bola luar negeri, telah menjagokan AC Milan sejak era Van Basten dan Liverpool sejak era Steve McManaman, serta mendukung tim “juara tanpa mahkota” Belanda dalam perhelatan Piala Dunia. Selain sepak bola, juga menggemari olah raga badminton, silat dan taekwondo.

Terjerumus menjadi blogger sejak tahun 2004, dengan beberapa blog di masa itu sudah almarhum, baik karena ditutup, pindah, atau rusak akibat jemari lasak seperti contoh kasus di blog lama. Sempat lama aktif di blogspot, dengan URL dan nama pena TintaMerah, sampai kemudian eksodus ke layanan WordPress di pertengahan tahun 2007. Dalam masa-masa keluyuran sebagai blogger antara tahun 2007-2009, pernah meninggalkan track record sebagai blogger nomaden dengan membuat sejumlah blog-blog yang kemudian mati. Pernah juga memiliki self-hosted blog di tintamerah.info sekitar setahunan, namun kemudian berhenti karena faktor kere tertentu dan kembali ke layanan WordPress.

Demikian.