Asam Lambung

Jadi kemarin itu tak satu pun postingan hadir di sini, padahal ada draft yang belum selesai. Penyebabnya tak lain tak bukan: Asam Lambung.

Maka kemarin itu terpaksalah istirahat saja di rumah, meski sempat ke toko sebentar. Sepanjang hari didera rasa sesak napas dan rasa dada tertekan serta sakit di ulu hati. Meski pernah kena musibah serupa itu sekitar setahun lalu, namun sempat pula aku terlupa bahwa ini gejala asam lambung. Pikiran panikku dari paginya sudah was-was dengan gejala lain, entah serangan jantung, jantung koroner, paru-paru atau apa sajalah. Gejala asma terkesampingkan sebab memang tak pernah aku kena asma. Gejala dari penyakit ringan lainnya hanyalah kurang darah saja dan juga masuk angin. Untuk itu, kubeli dan kutelanlah sangobion dan sesaset tolak angin.

Namun tak reda juga. Habis ikhtiar. Lepas maghrib langsung ke tempat seorang senior lama yang kini berprofesi menjadi dokter. Setelah diagnosa sana-sini, akhirnya disimpulkan: asam lambung. Kalau tak segera dibawa berobat, bisa naik level jadi GERD akut. Dan barulah aku sadar pernah kena penyakit begini. Pernah sesak nafas dan dada rasa tertekan. Tensi darah normal. Denyut jantung juga normal. Cuma kadar asam di lambung naik rupanya, seperti naiknya harga barang di negara ini, sehingga mencekik dada dan kerongkongan. Dari lambung sampai dada rasa terbakar, tak mempan itu segala minuman serupa lasegar.

Maka diberilah aku obat ini:

selain berpantang dan teratur makan, ini obat-obatan mesti rajin ditelan

Sejak semalam, sesudah minum obat itu dan makan teratur kembali -ditambah pantang ngopi pula dari hari ini dan (konon) seterusnya nanti- maka meredalah itu perkara sesak napas dan dada rasa ditekan. Tak ada juga lagi sendawa terus-menerus bak orang yang masuk angin sehabis jaga malam selama 30 hari.

Raga sudah enakan rasa sekarang, jiwa pun sudah tenang. Meski sempat diomeli istri nan jauh di mata dekat di hati:mrgreen:

Ya, demikianlah sekedar update postingan ini. Buat rekan-rekan yang biasa terlambat makan, tidak teratur asupan gizi, kuat merrokok dan kuat ngopi,  sebaiknya jangan ditiru perangaiku ini. *sok khotbah, mumpung lagi sadar* Kalau sudah kena nanti, mulut istighfar bersebab rasa mau mati saja. Nafas seperti mau putus. Kepala pening sebab asupan oksigen dan aliran darah terganggu. Kenali gejala maag seperti dijelaskan di situs ini. Atau jika gejala meliputi:

  • Sering bersendawa.
  • Dada sesekali nyeri.
  • Badan terasa lemas dan mengantuk, terkadang diiringi rasa pusing.
  • Rasa panas dalam seperti terbakar di sekitar dada, punggung dan leher.
  • Tangan dan kaki rasa kesemutan.
  • Sesak nafas.

Jangan panik dulu. Silakan merujuk pada mereka yang pernah mengalaminya di thread kaskus ini, misalnya.

Begitulah. Jagalah kesehatan🙂

*halah*

52 thoughts on “Asam Lambung

  1. Ah udah ada yang bilang soal dimarahin istri😆

    Kurangi ngopi bang…kalau mau sering minum, coba susu aja bang. Sehat dan menyegarkan. Susu, ya. Susu.:mrgreen:

  2. @ Akiko

    #uhuk

    Ho oh😳

    @ lambrtz

    Aku tak suka lagi minum susu. Sejak kecil minum susu saja aku, sampai pernah di SD sehat macam sapi. Memang sih susu sehat dan menyegarkan. Susu. Ya. Susu.

    *kenapa pulak itu susu berulang-ulang begitu😈 *

  3. Wah, jadi penyebab asam lambung itu rokok dan kopi? Kalau begitu, sebaiknya ente jangan mampir ke blog baru ane, Gan.😛

  4. cepet sembuh, mas
    soal rokok dan kopi menurutku sih bisa ditolerir
    tapi soal perut yang jarang diisi nah itu rada bahaya euy

  5. aku juga parah soal ini; terakhir aku muntah di depan lift. dramatis sekali. orang-orang pada melihat dengan tatapan jijik campur takut campur kasihan. karena muntahnya sudah bukan makanan, tetapi cairan lambung yang sungguh tidak terperi perihnya. setelah itu lemas, tak bisa jalan dibawa ke UGD. ternyata sudah parah sekali lambung ini.

    ohya terus ada sms dari paman yang bilang konon seniman sakitnya sakit lambung. halah…kekekeke…seneng juga dengernya.

  6. kopi aceh yang di warung kopi itu emang suka bikin asam lambung. coba biji kopi yang di giling sendiri. beli dari solong yang masih bulat kayak tai kambing trus belender atau pake mesin pembuat kopi itu.

    kopi didapat asam lambung dilipat.

    *persenel eksperiyen

  7. @ warm

    soal rokok dan kopi menurutku sih bisa ditolerir
    tapi soal perut yang jarang diisi nah itu rada bahaya euy

    Iya. Sebenarnya yang lain juga nggak apa-apa benar lah. Kosong perut itu. Huhu.😥

    @ Iwan

    Jadi takut di diagnosa.
    Jadi takut ketahuan penyakitnya.

    :mrgreen:
    Kenapa kau, Bro? Hoho. Ada mengalami gejala sama?:mrgreen:

    @ ness

    cemungudh qaqaaa
    :p

    eaaaa d3ch😎

    @ Gentole

    Hehehe. Kau rupanya ada juga gejala sama. Kutengok ada beberapa blogger kena ini juga😆

    ohya terus ada sms dari paman yang bilang konon seniman sakitnya sakit lambung. halah…kekekeke…seneng juga dengernya.

    😆

    Seniman dalam hal apa? Dalam hal kere isi lambung sih iya😆

    @ syahmins

    kopi aceh yang di warung kopi itu emang suka bikin asam lambung. coba biji kopi yang di giling sendiri. beli dari solong yang masih bulat kayak tai kambing trus belender atau pake mesin pembuat kopi itu.

    Wah, baru tahu aku itu soal biji kopi diolah sendiri. Dimana bedanya, atau apa pasal sampai berbeda begitu?😕

    kopi didapat asam lambung dilipat.

    Sungguh anugerah:mrgreen:

    *persenel eksperiyen

    Semoga kau lekas sembuh😎

    *lho?*

  8. Sering telat makan itu memang berbahaya. Hehe. Apalagi kalau sendirian macam daku ini. Tiada siapa mengingatkan😳

  9. Waduhhh.. Sebelum olahraga, mending ngopi dulu om buat yg hoby ngopi. buat perokok, bisa minum air mineral sampe pengen muntah(dijami… muntah).ehehehe

    Klo saya lebih parah lagi om. Typus yg menyerang usus besar,, gejala awalnya mirip kayak asam lambung diatas.

  10. pengalaman terburuk saya dengan asam lambung adalah tak bisa ikut makan tape ketan di hari raya. Menyebalkan!

    Dijaga makannya bang, tubuh tuamu sudah berontak itu tandanya *dikeplak* :mrgreen:

  11. Bang Alex, ini kayak cerita saya yang dulu nih, di sini.😦
    Gimana Bang, sama seperti itu gak? Saya dulu namanya angin duduk, mungkin mirip kali ya? Jadi, lambung saya terisi gas karena asam lambung, jadi lambung mengembang dan menekan organ lain, dalam hal ini jantung.
    Duh rasanya menyiksa banget, kalo tidur rasanya dada itu sakiiiit banget. Tapi kalo tegak, duduk atau berdiri, sakitnya hilang.

  12. @ Mas Bro

    Waduhhh.. Sebelum olahraga, mending ngopi dulu om buat yg hoby ngopi.

    He? Apa ndak salah?:mrgreen:

    buat perokok, bisa minum air mineral sampe pengen muntah(dijami… muntah).ehehehe

    😆
    Kalau ini sih iya. Mesti minum air mineral banyak-banyak😀

    Klo saya lebih parah lagi om. Typus yg menyerang usus besar,, gejala awalnya mirip kayak asam lambung diatas.

    Wah, ada yang lebih parah euyy! Tapi, sudah membaik kan ya?😕

    @ Takodok!

    pengalaman terburuk saya dengan asam lambung adalah tak bisa ikut makan tape ketan di hari raya. Menyebalkan!

    Aku belum pernah kena sampai di Hari Raya seperti itu. Tapi, dalam renungkan seorang, dapatlah kubayangkan betapa merana, tersiksa, dan menderitanya batinmu di saat itu….😥

    Dijaga makannya bang, tubuh tuamu sudah berontak itu tandanya *dikeplak*:mrgreen:

    Njlebb benar deh ah😈😆

    @ Asop

    Bang Alex, ini kayak cerita saya yang dulu nih, di sini.😦

    Siap! Sudah dibaca! Persis begitu😀

    Gimana Bang, sama seperti itu gak? Saya dulu namanya angin duduk, mungkin mirip kali ya? Jadi, lambung saya terisi gas karena asam lambung, jadi lambung mengembang dan menekan organ lain, dalam hal ini jantung.

    Benar. Itu asam lambung. Sendawa terus-menerus. Sekilas seperti gejala maag, tapi ronisnya disebut GERD. Beda GERD dan maag bisa dibaca di sini😀

    Duh rasanya menyiksa banget, kalo tidur rasanya dada itu sakiiiit banget. Tapi kalo tegak, duduk atau berdiri, sakitnya hilang.

    Nah, persis begitu. Dada sakit kayak ditekan. Terkadang kayak nyutt-nyuutt di bagian dada sebelah jantung, sehingga kita bisa panik mengira itu serangan jantung. Terus di bagian pundak seperti panas dan sakit nyeri. Lengan dan kaki bisa kesemutan. Bernapas susah. Kepala seperti hampa karena susah mengalir darah akibat tekanan oksigen. Perut kembung, dan kalau ditekan di ulu hati, sakit bukan main. Nah itu dia😀

    Sering-sering juga minum antacid. Biasa ada dijual di apotek. Dia kayak tablet kunyah mirip promaag. Satu keping itu cuma dua ribu rupiah.😀
    Dan memang tak boleh perut kosong😀


    *sekalian ngomong sama cermin ini*:mrgreen:

  13. @Bang Alex

    Nah itu dia Bang, persis kayak saya dulu, kalo dibawa tidur, lengan atas rasanya sakit!😦😦

  14. @ Awan

    Wah, kamu pernah kena juga atau sedang kena? Ya, insya Allah bisa disembuhkan itu. Aku pun selama beberapa bulan belakangan ini sudah berkurang, jika malah bukannya sudah jarang. Cuma sering-sering juga nelan antasid dulunya😀

    Mesti semangat memang🙂

  15. makasih banget informasinya. awalnya saya rasa bingung. apa saya mau kena serangan jantung ya. gejalanya mirip bgt seperti yang dijelaskan. sekali lagi makasih ya

  16. Ibu Obatnya dikasih apa aja ya om?
    di foto gak jelas obatnya apa yg tablet…
    pengen beli juga.. sepertinya penyakit yang sama dirasakan sekarang.

  17. Itu Obatnya dikasih apa aja ya om?
    di foto gak jelas obatnya apa yg tablet…
    pengen beli juga.. sepertinya penyakit yang sama dirasakan sekarang.

  18. @ fia

    Sama-sama🙂

    @ Andree

    Yang mana yang nggak jelas? Kalau yang sirup itu triocid. Kalau yang tablet, aku juga sudah lupa namanya apa. Tapi coba saja ke dokter atau klinik dulu. Karena penyakit sebaiknya jangan “sepertinya”. Kalau memang asam lambung ringan, promaag atau mylanta juga sudah cukup. Atau tambahkan dengan antasid sirup satu sendok sebelum makan🙂

    Maaf atas balasan komentar yang sudah sangat terlambat ini.

  19. wah, hati-hati, jika sudah parah bisa sangat menyakitkan dan menyebabkan lambung luka.
    akan terasa perih sekali
    jaga kesehatan ya🙂

  20. Saya sekarang mengalaminya, bagaimana solusinya, hampir setiap hari saya pening dan sesak, tp setelah minum obat omeperazol agak reda sedikit, kapan Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª itu sembuh total

  21. @bang alex
    semoga abang gak kambuh lagi ya,saat mengetik komentar ini saya sedang berjuang bertahan dari GERD,ulu hati perih dan terasa terbakar,nafas sesak,perut kembung…dan alhamdulillah seiring mengetik,sy minum obat MUCOGARD,ULCERANIN,dan OMEPRAZOLE… sakitnya mulai reda…

  22. kasus serupa pernah terjadi pada saya 2 kali, sempet mikir apa ada sakit jantung karena benar2 sesak tak tertahankan, seluruh badan dingin skali, setelah periksa ketauan itu asam lambung nya naik, benar2 mengerikan rasanya saat itu. sebaiknya yg sakit kayak kita ini harus bisa menjaga pola makan dan fikiran biar gak kambuh.

  23. Giliran ku yang kena nih . . . Sebabnya sama, tanda-tandanya . . . Cuma liink kaskusnya yang ngak ketemu . . . Obatnya apa gan ?, gag jelas, Tapi thanks ya dah sharing . . . Kalo da waktu jawab ya, n mampir ke blog reyotku. Thanks . . .

  24. Giliran aku yang kena gan. Sebabnya sama, tanda-tandanya mirip, obatnya apa gan ? . . . Kalo ada waktu jawab ya . . . Sekalian mampir ke blog reyotku. Tq

  25. g jelas nama obatnya mass.. tolong ketik nama obatnya ya,,, soalnya saya juga sakit sama seperti yg anda alami,

  26. @ Abdurrahman Fadhiil Pinem

    Maaf Mau Tanya Itu Nama Obatnya Apa ya?

    Soalnya Saya Terkena Peyakit Yang Sama

    Wah, obatnya itu nggak ada yang baku juga. Sekarang aku cuma konsumsi Promag (kalau ringan) atau antasid. Kalau sirupnya, aku Acitral. Coba saja. Diminum sebelum atau sesudah makan😀

    @ nayla

    wah, hati-hati, jika sudah parah bisa sangat menyakitkan dan menyebabkan lambung luka.
    akan terasa perih sekali
    jaga kesehatan ya🙂

    Benar. Perih sekali.

    Ho oh. Mesti jaga kesehatan memang:mrgreen:

    @ deny

    Saya sekarang mengalaminya, bagaimana solusinya, hampir setiap hari saya pening dan sesak, tp setelah minum obat omeperazol agak reda sedikit, kapan Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª itu sembuh total

    Konon penyakit ini nggak ada istilah sembuh total, Bro😀

    @ rizal

    @bang alex
    semoga abang gak kambuh lagi ya,saat mengetik komentar ini saya sedang berjuang bertahan dari GERD,ulu hati perih dan terasa terbakar,nafas sesak,perut kembung…dan alhamdulillah seiring mengetik,sy minum obat MUCOGARD,ULCERANIN,dan OMEPRAZOLE… sakitnya mulai reda…

    Wah, ada sama senasib juga. Itu daftar obat-obatannya bisa jadi rujukan bagi yang lain😀

    @ julia

    kasus serupa pernah terjadi pada saya 2 kali, sempet mikir apa ada sakit jantung karena benar2 sesak tak tertahankan, seluruh badan dingin skali, setelah periksa ketauan itu asam lambung nya naik, benar2 mengerikan rasanya saat itu. sebaiknya yg sakit kayak kita ini harus bisa menjaga pola makan dan fikiran biar gak kambuh.

    Nah, rata-rata yang kena serangan pertama mesti mikirnya itu kena sakit jantung. Memang menakutkan sekali kalau sudah kena begitu. Tapi ya jangan panik kalau kemudian sudah tahu.😀

    @ fauzitmg

    Giliran ku yang kena nih . . . Sebabnya sama, tanda-tandanya . . . Cuma liink kaskusnya yang ngak ketemu . . . Obatnya apa gan ?, gag jelas, Tapi thanks ya dah sharing . . . Kalo da waktu jawab ya, n mampir ke blog reyotku. Thanks . . .

    Obatnya coba lihat di komentar-komentar di atas.

    Oke, kuusahakan mampir. Terimakasih juga sudah mampir kemari. Maaf kalau telat dibalas pertanyaannya😀

    @ syahirul

    g jelas nama obatnya mass.. tolong ketik nama obatnya ya,,, soalnya saya juga sakit sama seperti yg anda alami,

    Yang dalam foto di postingan ini, itu obatnya Triocid. Nggak jelas ya? Padahal ada loh tertulis di botolnya itu.

    Kalau sekarang, aku pakai Acitral. Coba saja. Atau boleh coba obat-obat yang direkomendasi teman-teman komentator lain di atas😀

    @ Nasha

    Persis yg kurasa saat ini. jd jgn lgsg panik! perbaiki pola makan. GERD. thx

    Sep! Setuju. Hehe.

    @ iwan tidung

    Kemana mas alex neh…

    Oiii.! Hadir!😎

  27. makasihh yah atas postingannya..
    cukup membantu saya,..
    saya kira selama ini saya penyakit jantungg

  28. masbro, ane ada gejala sama seperti itu, dada sakit, nafas sesak, tangan kaki seperti kebas, tetapi lambung tidak nyeri, apa itu juga asam lambung bro?
    makasih

  29. gejala di atas sama persis dg yg Q alami.q jg d vonis gerd setelah bolak balik k dokter, bhkan smpe d rwat d RS jg gra2 ni pnyakit.n skrang q lg brjuang mlwan nie penyakit.apalagi skrg bln puasa, n q jga ibu menyusui.doain cpet smbuh y.cz smua aktifitas Q jd trganggu skrang.

  30. waduh,,
    kalo asam lambung dah mengganggu, payah banget
    magh kumat, jadi gak bisa ngapa-ngapain deh,
    harus selalu sedia obat jika sewaktu-waktu kumat, jadi bisa segera diatasi
    thanks

  31. aku mengalaminya sekarang.. menderita sekali… dan sangat sangat menderita sekali… hadehhhhhh…..

  32. mirip jg dgn sakitku bedanya kl telat makan agak lama baru deh kambuh asam lambung. mgkn ada advis obat2 yg bisa dipake ?

  33. saya baru saja tadi shubuh mengalami gejala yang dinamakan gerd itu,, jam 04.30 saya menahan sakit di bagian dada hingga kerongkongan seperti terbakar, panasnya minta maaf…
    hingga jam 09.00 panas di tenggorokan ga juga mereda saya sudah coba atasi dengan perbanyak minum & coba minuman penyegar adem cari tetep ga reda malah batuk yang bikin sakit dan muntah air.
    rasa panas mulai reda pada jam +/- 12.00… sekarang jam 18.30 rasa panas sudah mulai mereda tapi ulu hati terasa sakit apabila makan atau minum.
    Kejadian ini untuk pertama kalinya buat saya dan jangan sampai terjadi lagi…
    saya sebelum mengalami kejadian dada terasa terbakar,, saya sering sekali sendawa apabila sesudah makan ataupun telat makan berkali kali sendawa..

  34. bang maaf ,,, coba sebutin nama obat obat nya yg ada di gambar bang ,,trus aturan minum nya gmana ,yang tablet namanya apa brapa x sehari ,yg sirup aturannya gmana bang ,,,,tolong bang URGENT ,,, semoga abang di balas kebaikanya sama ALLAH SWT amin.

  35. iii kok sama ya ama aku, hampir tiap malam ak bisa tidur awalnya sih nyangka jantung sampai dokter bilang jg jantung untung ada kawan yg bilang kalo itu adalah asam lambung tapi sampai hari ini belum ketemu obat yang pas, moga aja sharing 2nya ari kawan ketemu obat yng pas

Komenlah sebelum komen itu dilarang.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s